Anggota DPR RI Dapil IX Jateng Hj. Nur Nadlifah dan DPC PKB Brebes Beri Bantuan Korban Banjir

Iklan Semua Halaman

Anggota DPR RI Dapil IX Jateng Hj. Nur Nadlifah dan DPC PKB Brebes Beri Bantuan Korban Banjir

Jumat, 10 Januari 2020
Bantuan Bencana Alam dari Anggota DPR RI Dapil IX Nur Nadlifah dan DPC PKB Brebes 

Brebes - Jebolnya tanggul Sungai Babakan di Kecamatan Ketanggungan menyebabkan beberapa daerah di wilayah sungai tersebut banjir, setelah hujan deras mengguyur pada Rabu (8/1/2020) sore. Ada lima desa di Kecamatan Ketanggungan, Brebes terendam banjir meliputi desa Cikeusal Kidul ke utara, Cikeusal Lor, Cikeusal Kidul, Pamedaran, Sindang Jaya dan sebagian Buara. 

Naiknya debit sungai sudah mulai terlihat pada pukul 16.00 (Rabu), namun tiba-tiba di luar kebiasaan, debit air tinggi mengikuti curah hujan dan pada sekitar pukul 17.00 Wib, air mulai memasuki rumah-rumah warga. Sebagian warga sempat panik, karena air datang sangat tiba-tiba dan ini diluar kebiasaan, beberapa warga mengatakan, arusnya sangat deras, sehingga banyak warga yang harus pasrah membiarkan barang-barangnya di dalam rumah, mulai dari perabotan rumah tangga hingga kendaraan terendam air.

Akibat Bencana Banjir tersebut, Ketua DPC PKB Kabupaten Brebes Zuhad Fahilatah, SE, MM mengatakan, Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Hj. Nur Nadzifah, MM dan DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) turun prihatin atas musibah yang menimpa masyarakat yang terkena dampak banjir ini dan untuk sementara pihaknya baru bisa membantu menyiapkan beberapa paket bantuan seperti ada makanan instan, ada keperluan bayi, Ibu hamil, Tiker, Baju Pantas Pakai dan paket lainnya dan langsung diserahkan di lokasi bencana.  

" Bantuan ini kami percayakan kepada pak Kadus Cikeusal Kidul dan Sukim selaku tokoh pemuda di Desa ini, silahkan masyarakat yang membutuhkan bisa berkoordinasi dengan pihak kadus dan sukim ini," tuturnya pada saat penyerahan bantuan di Desa Cikeusal Kidul, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Kemarin (9/01/2020). 

Sementara itu, Anggota DPR RI Fraksi PKB Hj. Nur Nadlifah mengatakan, pihaknya masih menggalang bantuan dari simpatisan dan jaringannya terutama di pusat, untuk meringankan penderitaan masyarakat di wilayah Kecamatan Ketanggungan. 

"  Musibah yang ada menjadi muhasabah bagi kita semua, bahwa saatnya untuk masyarakat berbenah dengan melestarikan alam yang ada, dan mari kita bersama-sama untuk menanam pohon, minimal 1 pohon satu orang dan harus menjadi gerakan masyarakat bersama untuk menanam pohon di lokasi terdampak, sehingga dikemudian hari bisa menjadi salah satu solusi atas beberapa lahan di wilayah ini yang dulunya penuh dengan pohon, sekarang sudah mulai berkurang, selain itu pihaknya juga masih melakukan komunikasi dengan mitra kerja dan mencoba untuk menggalang bantuan di tingkat pusat untuk saudara-saudara di Brebes yang terkena dampak banjir ini," pungkasnya.