cbmnews.net Corong Publikasi Jurnalis Warga Brebes

Iklan Semua Halaman

cbmnews.net Corong Publikasi Jurnalis Warga Brebes

Sabtu, 06 Juni 2020
Rob Air Laut di Prapag Lor Kecamatan Losari Brebes ( Dok BU) 

Sebuah perkembangan yang menggembirakan, karena cbmnews.net sudah kembali lagi untuk berbagi informasi seputar warga Kabupaten Brebes, kontributir pemberitaan berasal dari para jurnalis warga atau bisa nitizen jurnalism yang berasal dari warga desa yang punya andil besar dalam perubahan perilaku.

Portal jurnalis warga ini didesain oleh para kaula muda sebagai pusat informasi warga baik mulai dari peristiwa, seputar ekonomi warga, kesehatan, pendidikan, anak, humanisme, dan kaum marginal yang perlu mendapatkan informasi detail dan punya daya ungkit untuk menjadi sarana advokasi bagi masyarakat kepada pengambil kebijakan. 

Informasi ini dikemas dalam bentuk reportase jurnalistik 5W+1H, dan mereka yang jadi kontributor ini sebagian besar sudah pernah mendapatkan pelatihan dari tahap dasR hingga menengah dan ada juga yang sudah memberikan story of change atau sebuah cerita publikasi yang bisa mengungkit pengambil kebijakan untuk bergerak bersama-sama dengan berbagai kesetiakawanan sosial. 

Story of Change atau cerita untuk perubahan menjadi daya ungkit dan misi utama mereka sebagai warga dalam memelopori praktik-praktik terbaik pada persoalan kaum pinggiram, isu gender, dan akuntabilitas informasi publik.

Mereka menjadi relawan liputan jurnalis warga dengan leader Lukmanul Hakim salah satu kontributor media elektronik TVMU termasuk para pentolan pegiat sosial yang sudah pernah bekerja dengan lembaga international dan nasional. 

Sebaran penulis warga ini menjadikan kuatnya networking mereka untuk selalu update dan berbagi suka dan duka, dan disebarkan melalui group Celoteh Brebes Membangun (CBM) sebuah group yang dirintis warga sejak tahun 2015 dan hampir sebagian warga setia bergabung di fb group ini. 

Latar belakang pendidikan, pekerjaan dan sebaran domisili yang ada di sebagian desa menjadi sebuah jejaring yang sangat penting dan potensial, semoga para jurnalis warga atau citizen jurnalisme ini mampu menjadi media penting yang dijadikan modal kuat informasi warga di era revolusi induatri 4.0.

Pemred cbmnews.net Lukmanul Hakim mengatakan, media ini diharapkan sebagai corong bagi warga untuk menyuarakan pesan-pesan penting yang edukatif dan kreatif serta berdampak story of change atau SOC swbuah cerita perubahan yang bisa dirasakan oleh warga itu sendiri, dan bisa menjadi sarana edukasi penting disaat warga butuh informasi yang berimbang.