Mba Nad : Hari Donor Darah Sedunia, Pastikan Semua Warga Tahu Status Golongan Darah

Iklan Semua Halaman

Mba Nad : Hari Donor Darah Sedunia, Pastikan Semua Warga Tahu Status Golongan Darah

Sabtu, 13 Juni 2020
CBMNews.net


Jakarta ( www.cbmnews.net ) – Setiap tanggal 14 Juni seluruh negara – negara didunia merayakan Hari Donor Darah Sedunia. Setiap tahunnya hari donor darah sedunia memiliki tema yang diusung, tahun 2020 bertema "Save blood saves lives" (Darah yang aman menyelamatkan nyawa).

Selain tema hari donor darah sedunia, WHO juga mengkampanyekan slogan “Give blood and make the world a healthier place” ( Berikan darah dan jadikan dunia tempat yang lebih sehat ) dimana harapannya adalah adanya kontribusi masyarakat pada peningkatan kesehatan serta adanya kesadaran masyarakat untuk mendonasikan darah sehingga tercukupi kebutuhan darah yang aman dan berakualitas.

Hj. Nur Nadlifah (Mba Nad ) Selaku Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi PKB membidangi Kesehatan, Ketenagakerjaan mengatakan, bahwa dihari donor darah sedunia ini masyarakat harus di edukasi untuk berani donor darah, selain bisa bagus untuk kesehatan kita, juga darah yang telah diberikan menyelamatkan nyawa, kita sehat dan mereka selamat. " Pastikan semua warga paham dengan status golongan darahnya, dan mau untuk mendonorkan darahnya ke UTD PMI atau saat pelaksanaan Donor Darah yang diselenggarakan di Desa atau Fasilitas Publik, " katanya.

Lanjutnya, ayooo... ikut berperanserta mengampanyekan hari donor darah sedunia sesuai arahan WHO, jadilah pendonor darah hari ini dan bantu jadikan dunia tempat yang lebih sehat. “ ajak keluarga, teman, sahabat untuk menjadi donor darah sukarela, bahkan kalau bisa bentuk komunitas donor darah sukarela, ini tanggung jawab kota bersama menjadikan masyarakat memahami dan tahu pentingnya donor darah minimal ya tahu status golongan darahnya” jelasnya

Sementara ditempat terpisah Admin Forum Komunikasi Donor Darah Brebes H. Bahrul Ulum mengatakan bahwa seyogyanya kampanye donor darah perlu lebih ditingkatkan dengan melibatkan berbagai elemen, baik pemerintah, organisasi masyarakat sampai tokoh masyarakat.

“ Hari donor darah sedunia ini menjadi moment tepat memberikan pemahaman pada masyarakat bahwa donor darah sudah menjadi persoalan dunia yang wajib bagi setiap negara dan masyarakat untuk memperhatikan dan melakukan upaya yang tepat untuk penyelamatan jiwa “ katanya.

Kontributor : Aziz Amin