Mengenal Kiprah Pemuda Produktif Riyadi Santoso " Urang Sunda, Dari Peduli Kesehatan Hingga Kemanusian"

Iklan Semua Halaman

Mengenal Kiprah Pemuda Produktif Riyadi Santoso " Urang Sunda, Dari Peduli Kesehatan Hingga Kemanusian"

Minggu, 14 Juni 2020
Penyerahan Bantuan Paket dari PD DMI Kabupaten Brebes kepada Masjid di Kecamatan Banjarharjo
( Foto Riyadi Relawan DMI Kecamatan Banjarharjo ) 

Brebes (cbmnews.net) - Siapa yang tidak kenal dengan Riyadi Santoso, sosok Tokoh pemuda dari Desa Cimundung, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes yang telah melalang melintang dalam dunia sosial, baik sebagai aktivitis pegiat sosial kesehatan, kemanusian, lingkungan hingga pemberdayaan masyarakat. 

Selain pembawaanya sangat cekatan, juga saat dihubungi dan tidak ada aktivitas yang berbenturan, dia akan siap dan langsung datang ke lokasi yang ditunjuk atau diperintahkan. Baginya ini adalah Tabungan Akhirat yang tidak bisa diperoleh oleh siapapun dan tidak bisa diulangi. 

" Sepanjang fisik sehat dan sempat, tenaga dan pikiran serta ilmu akan dicurahkan untuk membantu meringankan beban sesama, kalau bisa dilakukan akan segera di tindaklanjuti, saat ada kesulitan akan dikonsultasikan, sampai ketemu pemecahan terbaiknya, " kata Riyadi disela-sela menyerahkan bantuan Paket Kebersihan Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Brebes untuk Wilayah Kecamatan Banjarharjo, Minggu (14/06/2020) 

Riyadi ini dilahirkan di Brebes, 16 September 1977, dan sekarang tinggal di Desa Cimunding RT. 01 RW. 03 Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes. Tinggal bersama Anak dan Istrinya dirumah Desa Cimunding. 

Jebolan Kampus Universitas Pancasakti Tegal 2004 telah berkiprah di masyarakat cukup banyak, dan teman-teman aktivis pegiat sosial pun mengakui bahwa yang bersangkutan adalah seorang pemuda yang produktif dan cekatan, relawan tanpa melihat status sosial.

Sekolah Menulis Kombes Brebes, Riyadi Santoso Menjadi Peserta ( Dok Aziz Aminudin)

Pengalaman organisasi yang dimiliki, aktif di Yayasan Solidaritas Kampung Lestari hingga sekarang, Pengurus Karang Taruna Kabupaten Brebes tahun 2018, Pengurus Forum Masyarakat Peduli Pendidikan Kecamatan Banjarharjo tahun 2017 hingga sekarang, Pendamping Forum Anak Desa Cimunding tahun 2018, Satgas PPA Kabupaten Brebes tahun 2017, Pengurus KNPI Kecamatan Banjarharjo tahun 2015 hingga sekarang. 

Didunia pertanian, dia juga aktif di sekretaris Kelompok Tani Sapi tahun 2012-2015, bahkan pernah bekerja di Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Banjarharjo tahun 2019, Pengawas Kecamatan Kecamatan Banjarharjo untuk Pilgub Jateng 2018 dan Pemilu tahun 2019. 

Selain itu, untuk pengalaman di Kementerian Tenaga Kerja, pernah menjadi tenaga kerja sukarelawan Kemenaker RI tahun 2017-2018, dan petugas lapang sensus Ekonomi tahun 2016.


Kesaksian para relawan Pegiat Sosial 

Aziz Aminudin master Hypnotherapy sekaligus Direktur MPC Indonesia mengenal betul sosok Riyadi Santoso, selain bekerjanya trengginas, dan tuntas, dia juga mudah dihubungi dan sangat komunikatif, wajar saja jika diminta untuk membantu kegiatan sosial ataupun kegiatan peningkatan kapasitas bersama warga, maka riyadi ini siap hadir dan siap untuk sharing ilmu dan tenaganya.

Pengajar di Kegiatan Dinas Kesehatan Brebes dengan FMM 

Sementara itu, Bahrul Ulum selaku Admin CBM sekaligus Admin Komunitas Kompasianer Brebes, Sosok Riyadi juga bisa menulis produktif untuk beberapa media, seperti di media cbmnews.net dan kompasiana.com, teman-teman juga pernah melihat yang bersangkutan mengikuti pelatihan menulis bersama narasumber kompasianer nusantara di Brebes dan dia juga produktif menyuarakan isu-isu lingkungan, sosial dan kemanusiaan. 

Selain itu, Kasubid Sosial Budaya Bapperlitbangda Bayu Setiawan juga membenarkan, bahwa Riyadi Santoso juga aktif di Forum Masyarakat Peduli Pendidikan Kecamaan Banjarharjo dimana tugas utamanya adalah membantu Pemerintah Kabupaten dalam mengembalikan anak tidak sekolah kembali bersekolah melalui program Gerakan Kembali Bersekolah. 

Penulis : Bahrul Ulum