PAC Muslimat Ketanggungan Berikan Bantuan Ke Darkim Karangbandung

Iklan Semua Halaman

PAC Muslimat Ketanggungan Berikan Bantuan Ke Darkim Karangbandung

Senin, 08 Juni 2020

PAC Muslimat Kunjungi Darkim di Desa Karangbandung Ketanggungan ( Dok Farikhah)

Brebes (cbmnew.net) - Pengurus Anak Cabang (PAC) Muslimat Ketanggungan melakukan aksi sosial dengan datang ke Darkim, Warga Desa Karangbandung, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Mereka datang untuk meringankan beban bagi penderita dan mendoakan untuk diberikan kesembuhan dan diangkat penyakitnya.  Demikian disampaikan oleh Bu Nyai Nok Zumaroh selaku Ketua PAC Muslimat Ketanggungan saat ditemui Karangbandung, Senin (08/06/2020).

Bentuk bantuan yang diberikan berupa dana dan natura dan diterima langsung oleh Kakak Ipar Darkim. " Ibu Muslimat merasa terpanggil dan bergerak bersama untuk aksi solidaritas, warga NU harus berbagi kesetiawakanan sosial," tambahnya. 

Apa yang dilakukan oleh Ibu Muslimat ini bagian dari dawuh KH Ali Maksum, dimana menjelaskan ada 5 bekal perjuangan yang harus dimiliki oleh seluruh warga NU; (1) ats-Tsiqatu bi Nahdlatil Ulama, setiap warga NU harus mempercayai NU sebagai tuntunan hidup yang sesuai. Tidak semerta-merta timbul secara sikap batin semata, melainkan realisasi yang bersifat lahir pula, (2) al-Ma’rifat wal Istiqan bi NU, warga NU harus memahami NU secara keseluruhan, NU adalah ilmu, NU harus dipelajari, tidak hanya berproses secara alamiah. Agar keyakinan itu tumbuh secara sungguh-sungguh.

(3) al-amalu bi Ta’limi NU, warga NU harus mengamalkan ajaran dan tuntunan NU.  Sedangkan yang ke (4) al-Jihadu fi Sabili NU, artinya memperjuangkan NU agar tetap jaya dan berkembang pesat, dengan bimbingan dan restu para ulama, dan (5) ash-Shabru fi Sabili NU, sabar dalam ber-NU, baik sabar dalam melakukan tugas, dan sabar dari bujuk rayu yang tidak senada dengan ajaran-ajaran NU serta bujuk rayu duniawi.

Sementara itu, Menurut diagnosa dokter dari Puskesmas Cikeusal Kidul, Darsim mengalami Oedema cerebri (gagar otak), ICH (perdarahan dalam otak) dan SDH (perdarahan di selaput pembungkus otak), dan sekarang hanya bisa berbaring di tempat tidur, segala aktivitas harus dibantu oleh keluarganya. 


Darkim ini adalah Anak Yatim Piatu dengan Luka Serius Pada Otaknya, Butuh Donasi Kemanusiaan, begitu sepenggal berita di berbagai media, Anak ini Hidup dalam lingkungan yang serba pas-pasan, dengan kondisi tubuhnya tidak bisa mengangkat sendiri, dan harus dibantu oleh saudaranya saat berbaring atau duduk dikasurnya karena pernah jatuh akibat kecelakaan dari kendaraan roda dua dan luka serius pada otaknya, akhirnya harus dirawat beberapa kali di Rumah sakit agar sembuh sediakala. 

Penuturan Kades Karangbandung, Hasanudin saat ditemui dirumahnya mengatakan, pihaknya membenarkan bahwa ada salah satu warganya yang sampai sekarang masih terbaring dikasurnya dan perlu mendapatkan perawatan rutin berupa rawat jalan untuk beberapa kali di Rumah Sakit di Kota Cirebon, kalau pilihan keluarganya disana, alasannya ada saudara tertua yang tinggal di kota tersebut sehingga bisa saling membantu.  

" Pemerintah Desa sudah mengupayakan bantuan sosial kepada keluarga tersebut, termasuk memastikan masuk data DTKS dan memilili  kartu BPJS PBI, bahkan saat pengurus karangtaruna desa membuat proposal untuk donasi Dkm pun ditanda tangani  untuk meringankan beban yang harus ditanggung olehnya baik kebutuhan sehari-hari maupun untuk pengobatan meris mengantarkan ke rumah sakit, " katanya, kamis (4/06/2020) kemarin. 

Hasanudin menambahkan, membenarkan bahwa kedua orang tuanya sudah almarhum dan almarhumah, jika ada yang mau berdonasi dipersilahkan, minimal berbagi rejeki, dan ini salah satu bagian dari fastabiqul khoirot atau berlomba-lomba dalam kebaikan. 

Kontributor : Bahrul Ulum