Pemdes Cenang Fasilitasi Rakor FMPP Desa Bersama Kades Terpilih

Iklan Semua Halaman

Pemdes Cenang Fasilitasi Rakor FMPP Desa Bersama Kades Terpilih

Senin, 15 Juni 2020
Rakor FMPP Desa Bersama Pemdes Cenang (Dok BU)


Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes mengadakan Rapat Koordinasi FMPP Desa Cenang di Aula Balai Desa Cenang. Senin 15/06/2020.

Kepala Desa terpilih Junaedi menyampaikan terima kasih atas kehadiran FMPP Kabupaten yang telah hadir dalam rakor.

"Kami merasa senang dan berterima kasih kepada FMPP Kabupaten yang telah hadir malam ini di aula Desa Cenang untuk memberikan informasi kepada kami, sebab kami juga banyak anggota yang baru. Selain itu kami juga perlu adanya penyegaran kepada FMPP Desa Cenang," kata Junaedi.

Junaedi juga menambahkan pihaknya siap untuk mensukseskan Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) yang sudah berjalan baik saat ini.

"Kami tentunya juga siap untuk mensukseskan program GKB Desa Cenang yang pada saat kepemimpinan Kades sebelumnya sudah berjalan baik. Tentunya kami juga akan selalu minta masukan serta arahan dari Kabupaten agar bisa lebih baik lagi,"  tambahnya.

Sementara itu, Bahrul Ulum selaku ketua FMPP Kabupaten yang hadir sebagai narasumber menyampaikan Desa Cenang merupakan desa rujukan di pulau Jawa dalam hal penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS). Sebab program GKB ini sudah masuk menjadi Strategi Nasional Pengentasan Anak Tidak Sekolah.

"GKB ini sudah masuk menjadi Stranas Penanganan ATS di pusat yang akan diimplementasikan ke seluruh Indonesia. Tentunya Brebes sebagai kabupaten rujukan harus lebih baik dalam hal pengentasan penanganan ATS. Terutama Desa Cenang yang menjadi rujukan Desa di Kabupaten Brebes harus menata administrasinya lebih baik lagi. Serta Kades dan ketua FMPP juga siap-siap bila diminta menjadi narasumber tingkat Nasional," ungkap Ulum.

Menurut Ulum, Salah satu bentuk upaya negara hadir untuk melakukan penanganan ATS adalah dengan membentuk FMPP. Sebab kita tidak boleh meninggalkan generasi yang lemah. Karena bila kita meninggalkan generasi yang lemah maka kita semua termasuk orang yang dholim.

"Kades Cenang dan masyarakat yang sudah sengkuyung ini menjadi contoh baik bagi desa-desa yang lain. Selanjutnya untuk tetap dipertahankan agar tetap sengkuyung dan harapannya tentu semua anak di Desa Cenang tidak ada yang tidak sekolah. Pendidikan itu penting," ujar Ulum.

Masih menurut Ulum, FMPP itu tidak dibayar atau diberikan honor. Namun tugas FMPP ini sangat mulia.

"FMPP memang tidak di bayar atau diberikan honor bulanan, namun Pemerintah Desa bisa mengalokasikan FMPP melalui APBDes untuk melakukan rapat koordinasi untuk keberlangsungan FMPP," tandas Ulum.

Kontributor : Adi Assegaf 
Editor : Bahrul Ulum