Hari Anak Nasional, Kampung KB Bantarwaru Gelar Outbond bagi Anak

Iklan Semua Halaman

Hari Anak Nasional, Kampung KB Bantarwaru Gelar Outbond bagi Anak

Sabtu, 25 Juli 2020
Kegiatan anak pada agenda outbond di area kampung KB Bantarwaru Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes ( Foto BU )
BREBES (cbmnews.net ) - Kampung KB “Jaya Mandiri” Desa Bantarwaru Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2020 menggelar kegiatan outbond yang diperuntukan bagi anak-anak. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu (26/7) ini diikuti oleh puluhan anak-anak usia SD yang ada di wilayah Kampung KB Bantarwaru.

Kegiatan outbond ini mengambil lokasi di sekitaran wilayah Kampung KB Bantarwaru. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, yang mana setiap kelompok terdiri dari sekitar 6-7 anak. 

Masing-masing kelompok kemudian berjalan menuju beberapa pos yang telah disediakan oleh Panitia. Di tiap-tiap pos peserta harus mengikuti atau melakukan aneka permainan tradisional seperti gobak sodor, congklak dan sebagainya. Bertindak sebagai panitia kegiatan ini adalah para remaja yang tergabung dalam PIK Remaja “BARA” Kampung KB Bantarwaru.

Amin, selaku Ketua Pokja Kampung KB Bantarwaru menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif dari teman-teman anggota PIK Remaja “BARA” Kampung KB Bantarwaru, dalam rangka ikut memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2020.

“Sebagai ketua Pokja Kampung KB, saya mendukung penuh kegiatan ini. Karena hal ini merupakan bagian dari upaya teman-teman PIK Remaja untuk memperkenalkan kembali aneka jenis permainan tradisional yang sekarang mulai dilupakan. Dengan adanya kegiatan ini harapannya anak-anak usia SD tidak selalu tergantung dengan gadget” sambungnya.

Koordinator Pelayanan Bidang P3KB Kecamatan Bantarkawung, Iman Solikhin yang juga ikut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang ada.

“Tadi saya lihat hampir semua anak-anak yang ikut berpartisipasi menggunakan masker. Saya juga menyampaikan kepada anak-anak untuk selalu menjaga kesehatan dengan perilaku hidup bersih dan sehat” lanjut Iman.

Diakhir acara, sebelum pengumuman pemenang dan pembagian hadiah, dilakukan sosialisasi oleh Astri Firmandhani, Penyuluh KB Kecamatan Bantarkawung. Astri menyampaikan tentang hak-hak anak yang harus diperhatikan dan dilindungi yaitu Hak Hidup, Hak Tumbuh Kembang, Hak Perlindungan dan Hak Partisipasi. Astri juga mengajari tentang tepuk hak anak kepada semua yang hadir dalam kegiatan ini.(BU/LH)