BPD Kubangpari Study Banding Ke BPD Kretek dan BPD Kedungoleng Kecamatan Paguyangan

Iklan Semua Halaman

BPD Kubangpari Study Banding Ke BPD Kretek dan BPD Kedungoleng Kecamatan Paguyangan

Minggu, 27 September 2020
BPD Desa Kubangpari memberikan Kenang-Kenangan Kepada BPD Desa Kretek (Minggu, 27/09/2020)


Paguyangan (www.cbmnews.net) – Lima pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kubangpari Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes melakukan study banding ke BPD Desa Kretek dan Desa Kedungoleng Kecamatan Paguyangan untuk sharing bersama dan berbagi pengalaman yang telah dilakukan oleh BPD Desa Kretek dan Desa Kedungoleng yang menjadi desa binaan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) bekerjasama dengan KOMPAK yang bertempat di aula balaidesa Kretek. Minggu, 27 September 2020.

Desa Kretek dan Desa Kedungoleng merupakan desa binaan FITRA Jateng kerjasama dengan KOMPAK dan didukung oleh DFAT dalam program Akuntabilitas Sosial untuk Mewujudkan Pemerintahan Desa yang Transparan dan Partisipatif. Dimana Desa Kedungoleng menjadi desa binaan sejak tahun 2019 dan Desa Kretek menjadi binaan sejak bulan Juni 2020.

Ketua BPD Desa Kubangpari Benny Hadi Saputra, S.T mengatakan tujuan study banding pertama ini kami ingin belajar terkait dengan Sekolah Anggaran (SEKAR) Desa yang sudah dilakukan oleh BPD Kretek dan BPD Kedungoleng salah satunya melalui pekan aspirasi meskipun kami juga sudah melakukan penyerapan aspirasi melalui kegiatan yang kami beri nama ngopi bareng BPD yang dilakukan setiap 2 minggu sekali.

“Kami sangat pas sekali melakukan sharing bersama dengan Desa Kretek dan Desa Kedungoleng karena kami ingin sekali belajar SEKAR Desa yang sudah dilakukan kemudian output dari SEKAR Desa itu sendiri yang bisa kita contoh untuk kami bawa di desa kami. Kami sendiri ada kegiatan Ngopi Bareng BPD Kubangpari yang dilakukan setiap 2 minggu sekali untuk menjaring aspirasi masyarakat dan sebagai tempat penyelesaian bila ada permasalahan Pemdes dengan masyarakat.” Ujar Benny.

Sementara Itu, ketua BPD Desa Kretek Kecamatan Paguyangan Eko Puji Susanto menyampaikan progres selama didampingi oleh FITRA Jateng diantaranya terkait dengan administrasi BPD dan sekretariat.

“Alhamdulillah setelah didampingi oleh FITRA Jateng selama hampir 4 bulan ini kami jadi mulai berbenah diantaranya kita sudah menyusun tata tertib BPD, kemudian kita juga sudah membuat rencana kerja selama 1 tahun kedepan yang sudah kami ajukan ke Pemdes untuk mendapatkan persetujuan pendanaan serta kami akhirnya di fasilitasi oleh Pemdes sebuah kantor yang sangat luas. Ini salah satunya berkat dampingan dari FITRA Jateng.” Ungkap Eko.

Hal senada juga disampaikan oleh Lukmanul Hakim, S.Pd selaku ketua BPD Desa Kedungoleng Kecamatan Paguyangan. Hadirnya FITRA Jateng dengan Sekolah Anggaran Desa (SEKAR Desa) diakui membawa perubahan bagi BPD.

“Penguatan BPD agar lebih kuat lagi ada beberapa syarat yang harus dilakukan oleh BPD itu sendiri yaitu ada program kerja yang jelas, serta melakukan laporan kinerja BPD selanjutnya masyarakat juga harus tahu tugas fungsi BPD dan adanya sinergi dengan Pemerintah Desa juga lembaga lain yang ada di desa. Termasuk BPD harus mempunyai tata tertib dan membuat posko pengaduan dan aspirasi bagi masyarakat. Itu beberapa yang kami dapat melalui SEKAR Desa serta kami lakukan dan alhamdulillah mendapat respon yang baik dari Pemdes.” Ujar Lukman

Masih menurut Lukman, dirinya berharap praktek baik yang telah dilakukan oleh FITRA Jateng seharusnya mendapat tanggapan yang positif dari Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes melalui OPD terkait melakukan replikasi ke semua BPD se Kabupaten Brebes.

"Penguatan BPD yang dilakukan oleh FITRA Jateng ini adalah lebih kepada tugas dan fungsi BPD seperti yang ada di Permendagri nomor 10 tahun 2016. Harusnya praktek baik seperti Sekolah Anggaran Desa (Sekar Desa) yang sudah berjalan ini dapat direplikasi oleh Pemda Kabupaten Brebes melalui OPD terkait. Sehingga proses perencanaan dan penganggaran di desa tepat waktu." ungkap Lukman

Disisi lain Akhya selaku Kepala Desa Kretek mengharapkan FITRA Jateng masih tetap bisa mengawal BPD hingga tahun depan agar lebih maju.

“Terima kasih kepada Desa Kubangpari atas kunjungan hari ini semoga pembelajaran ini bisa bermanfaat untuk kemajuan desa dan kepada FITRA agar ke depan masih terus mendampingi BPD Kretek agar Desa Kretek ini lebih maju.” Tandasnya.

Diakhir acara BPD Kubangpari memberikan kenang-kenangan kepada BPD Kretek dan BPD Kedungoleng serta foto bersama. (AA)