Pemerintah Desa Pepedan Gelar TOT Duta Kemajuan Desa

Iklan Semua Halaman

Pemerintah Desa Pepedan Gelar TOT Duta Kemajuan Desa

Minggu, 04 Oktober 2020


Tonjong ( cbmnews.net ) – Menghadapi di tahun 2021 yang fokus pembangunan desa adalah pada bidang pemberdayaan masyarakat, maka perlu disiapkan duta-duta desa yang siap melakukan kegiatan fasilitasi. Pemerintah Desa Pepedan merasa sangat perlu menyiapkan duta yang ahli di bidang masing-masing.

Disampaikan Sekretaris Desa Pepedan Ade Nurdian saat membuka acara Pelatihan Training Of Trainers (TOT) Duta Desa Pepedan Untuk Kemajuan Desa, bertempat di Aula Balaidesa Pepedan Kecamatan Tonjong dan diikuti oleh semua perwakilan forum yang ada di desa, Minggu (04/09/2020).

Ade menambahkan yang terjadi selama ini satu orang memfasilitasi semua kegiatan. “Jangan sampai terjadi lagi 4L (Loe Lagi, Loe Lagi). Kami mempersiapkan sejak sekarang agar setiap kegiatan yang akan memfasilitasi sesuai bidangnya, misal untuk kegiatan pendidikan ya yang kompeten bicara pendidikan, yang kesehatan juga sama,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini selaku narasumber Bahrul Ulum mengatakan ini bukan pelatihan biasa, tapi TOT jadi perlu dibedakan. Kalau TOT itu pelatihan untuk pelatih, peserta harus tahu langkah-langkah dalam proses fasilitasi. “Kalau di TOT lebih banyak prakteknya karena mempersiapkan pelatih atau trainer. Bagaimana proses bina suasana, penyampaian materi, metode penyampaian dan bagaimana melatih public speaking,” katanya.

Peserta akan mulai dilatih bagaimana cara membina suasana dengan ice breaking, cara menyampaikan materi saat menggunakan alat bantu dan tanpa alat bantu, bagaimana peserta dapat dengan cepat menangkap apa yang disampaikan oleh fasilitator. Semua materi akan disampaikan karena kegiatan ini mempersiapkan duta di tiap-tiap kegiatan seperti duta kesehatan, duta pendidikan, duta remaja dan duta untuk anak.

Salah satu peserta dari karang taruna Desa Pepedan Afif merasa sangat senang dengan yang didapatkan hari ini, ini adalah ilmu yang sangat luar biasa yang tidak akan didapatkan di pendidikan formal. Tehnik fasilitasi juga sangat perlu mengingat butuh trik-trik khusus dalam menyampaikan sebuah ilmu.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Desa Pepedan, Karang Taruna, Ibu PKK, Forum Anak Desa, Kader Pembangunan Masyarakat (KPM), Bunda PAUD dan Perwakilan Perangkat Desa. ( Kontributor : Herwanto )