Portina Jawa Tengah Siap Bangkitkan Kembali Olah Raga Tradisional

Iklan Semua Halaman

Portina Jawa Tengah Siap Bangkitkan Kembali Olah Raga Tradisional

Jumat, 30 Oktober 2020
Suasana Raker Portina Jawa Tengah

BANYUMAS - Persatuan Olah Raga Tradisional Indonesia (Portina) Provinsi Jawa Tengah siap bangkitkan serta mempopulerkan kembali olah raga tradisional yang kini hampir punah.

Demikian antara lain yang disepakati dalam rapat kerja Portina Jawa Tengah, di Agro Karang Penginyongan, Cipendok Banyumas, Jumat (30/10/2020).

Juwari SP, mewakili pengurus Portina Jateng mengatakan, olah raga tersebut berbasis permainan tradisi masyarakat yang sangat dikenal hingga akhir tahun 90-an, seperti : gobag sodor, egrang, gebug bantal, patok lele, benteng, dagongan, sumpitan, gasingan, sunda manda. dan lainnya.

"Portina Jawa Tengah pada prinsipnya nguri-uri kembali olah raga permainan rakyat di antaranya itu tadi. Sejak era TV swasta nampaknya permainan tadi sudah sangat jarang dimainkan," jelasnya.

Juwari menambahkan, tugas Portina adalah menggali dan melestarikan olah raga tradisional Indonesia, dan Portina merupakan  anggota dari FORMI.

"Setidaknya ada lima pilar yang jadi fokus kinerja Portina, diantaranya olah raga tradisional, budaya, dirgantara, permainan, perairan dan beladiri," imbuhnya.

Dalam rapat kerja yang digelar di Pendapa Prabawulan selama 2 hari sejak Kamis (29/10), diikuti perwakilan kabupaten/ kota se-Jawa Tengah,  dan dihadiri Direktur Agro Karang Penginyongan, Liem Kuswintoro.

Liem Kuswintoro menyatakan siap mendukung organisasi ini dengan menyediakan kompleks Agro Karang Penginyongan sebagai ajang aneka perlombaan.

"Tentunya kami dukung, karena olah raga dan permainan yang dibina Portina, sejatinya akarnya dari rakyat. Jika rakyat sehat, bugar dan gembira, niscaya akan meningkatkan imunitas sehingga bisa melawan virus corona. ekonomi bangkit lagi. Tempat ini saya harapkan jadi sentra ajang lomba-lomba tersebut," ujar pengusaha senior ini. 
Kontributor : Muji Prasetyo