Nur Nadlifah : Budidaya Maggot, Pembedayaan untuk Keluarga PMI

Iklan Semua Halaman

Nur Nadlifah : Budidaya Maggot, Pembedayaan untuk Keluarga PMI


BREBES ( cbmnews.id ) – Sebagai bentuk pemberdayaan bagi keluarga Pekerja Migran Indonesia ( PMI ) dan PMI purna, Kelompok Keluaga Migran Indonesia ( KAMI ) Kabupaten Brebes menggelar diskusi dengan buruh migran atau TKI purna di Desa Limbangan Kecamatan Losari Kabupaten Brebes, Minggu ( 27/12/2020 ).

 

Ketua KAMI Kabupaten Brebes Nursalim mengapresiasi setingi tingginya atas kunjungan  anggota Komisi IX DPR RI Hj. Nur Nadlifah, S.Ag, MM Fraksi PKB bersama Keluarga Migran Indonesia (KAMI) Kabupaten Brebes dalam kegiatan ramah tamah.

 

“ Kunjungan Ibu Nur Nadlifah penting untuk dilakukan secara berkesinambungan, selain memupuk spirit anggota KAMI Brebes,  diharapkan mampu menyerap segala bentuk  aspirasi yang masuk dari anggota KAMI untuk dukungan program – program kemandirian ekonomi bagi purna PMI dan anggota keluarganya yang selama ini sudah berjalan.

 

 Adapun program KAMI Brebes yang sudah berjalan, kata Nursalim diantaranya  budidaya maggot (BSF), pengolahan limbah organik, pembuatan pupuk padat, pengolahan pupuk organik cairan (POC), pengolahan pupuk mikro organik lokal (MOL), Budidaya ikan nila dan ikan gabus (Grojo).

 

“ Program tersebut tentunya memerlukan dukungan dari pemangku kepentingan untuk perluasan program dan memperbanyak penerima manfaat program dalam hal ini kelompok Pertanian, Perikanan/ Petambak,” imbuhnya.

 

Nur Nadlifah mengatakan, pemberdayaan ini sangat penting dalam upaya mengurangi warga yang bekerja ke luar negeri sebagai PMI apalagi di sektor domestik. Mayoritas masyarakat yang menjadi PMI, adalah pilihan terakhir karena tidak ada lapangan pekerjaan di negeri sendiri. Sementara kebutuhan hidup semakin hari semakin tinggi. Maka apabila mereka ada yang di kerjakan dan menghasilkan income, mereka pasti akan memilih bekerja di daerahnya dan masih bisa tetap bersama dengan keluarga.

 

“ Saya berharap upaya dari teman - tteman untuk bisa survive di tengah pandemi ini membawa hasil yang baik, sehingga merrka tidak perlu lagi menjadi PMI lagi dan bisa sukses.  Di samping itu juga pada akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya,” pungkasnya.

( Tim Media Mba Nad )