Angka Kematian Covid-19 meningkat, RSBA Brebes menambah ICU khusus pasien Covid 19

Iklan Semua Halaman

Angka Kematian Covid-19 meningkat, RSBA Brebes menambah ICU khusus pasien Covid 19


BREBES--Hingga saat ini, jumlah kasus warga di Kabupaten Brebes yang terkonfirmasi Covid-19 terus mengalami peningkatan. Per hari ini, total ada 4.287 kasus Covid-19 di Kabupaten Brebes. Terus bertambahnya kasus baru dan angka kematian akibat Covid-19, membuat rumah sakit rujukan lini 3 Seperti Rs.Bhakti Asih brebes menambah empat tempat tidur di Ruang Intensive Care Unit (ICU). 

Seka,ertaris Komite Pencegah dan Pengendali Infeksi(PPI) Rumah Sakit Bhakti Asih Brebes Muhamad Iqbaludin mewakili Direktur dr.Khosiatun Azmi,MMR mengatakan""
, rumah sakit tersebut merupakan slaah satu rumah sakit rujukan lini 3 Covid-19 di Kabupaten Brebes. Karenanya, untuk memberikan pelayanan terhadap pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, pihaknya menambah ruang ICU yang berkapasitas lima tempat tidur. 

"Maksud dibuat ICU Covid-19 ini karena angka kematian pasien yg terkonfirmasi tinggi. Selain itu, susah mencari rujukan lantaran RS rujukan penuh," ujarnya, Kamis (11/2). 

Selain terdapat lima tempat tidur, kata dia, di ruang ICU tersebut juga terdapat empat ventilator atau alat bantu pernafasan. Di mana, itu semua mempunyai tujuan untuk menekan angka kematian Covid-19 

"Di RSBA sendiri sampai saat ini sudah mencapai 68 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dilaporkan meninggal. Sehingga, penambahan ruangan dangat diperlukan," ungkapnya. 

Ditambahkannya, kecenderungan pasien datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi kritis. Karenanya, dirinya berharap agar kesadaran masyarakat meningkat mengeneai pemeriksaan dini ke RS yang memiliki penyakit gejala batuk-batuk pilek dan demam agar segera datang ke rumah sakit untuk di obati. 

"Dan kegunaan deteksi dini adalah agar pasien sejak awal diketahui, sehingga penyembuhannya tidak terlambat disembuhkan, jangan sampai menunggu sesak nafas baru datang ke rumah sakit," pungkasnya.
(NS iqbal)